Minggu, 29 November 2015

Semur Jengkol dan Jengkol Balado Pas Dengan Nasi Hangat

A​roma ​sedap ​jengkol selalu berhasil membuat perut menjadi lapar. Teksturnya yang empuk dengan racikan bumbu yang pas membuat sajian ini cocok disantap dengan nasi hangat.

Untuk menyantap jengkol, jangan khawatir bau loh. Pasalnya bubuk kopi dan mentimun dapat kurangi bau jengkol setelah dikonsumsi. Berikut ini beberapa resep olahan jengkol yang bisa Anda buat di rumah.



1. Semur Jengkol
Jengkol merupakan salah satu masakan Betawi yang sedap dan enak. Aromanya yang khas membuat banyak orang tergoda. Kuahnya berbumbu cokelat dengan paduan rasa gurih. Semur jengkol ini biasanya disajikan lengkap dengan nasi uduk atau nasi putih dan sambal. Hmm, mantap! Jika tertarik untuk membuatnya, Anda dapat klik di sini untuk melihat resepnya.



2. Jengkol Balado
Tekstur jengkol yang empuk memang paling mantap jika dimasak dengan cabai merah. Aromanya yang khas dengan dipadu cabai yang pedas membuat Anda ketagihan. Jika ingin meracik jengkol balado di rumah, Anda dapat klik di sini untuk melihat resepnya.



3. Rendang Jengkol
Rendang merupakan makanan khas Minang yang bercitarasa pedas gurih dengan tambahan aneka rempah. Tidak hanya daging, jengkol juga bisa diolah menjadi rendang.
Untuk membuatnya, Anda dapat siapkan 500 gr jengkol, 2 batang serai, 3 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 buah asam kandis, 2 lembar daun kunyit, penyedap rasa, garam dan gula secukupnya serta 500 ml santan.
Sedangkan bumbu halusnya bisa dibuat dari 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 10 buah cabai merah, 4 buah kemiri, 2 cm kunyit, 2 cm jahe dan 2 cm lengkuas.
Tumis bumbu halus hingga matang, kemudian tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, asam kandis dan daun kunyit. Masukkan santan dan jengkol yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Masak hingga mendidih, setelah kuah menyusut, ​matikan api​.



4. Gulai Jengkol
Cara pembuatannya hampir sama dengan gulai Minang pada umumnya, hanya saja waktunya lebih cepat. Untuk membuatnya Anda perlu menyiapkan 500 gram jengkol dan bumbu seperti 50 gram bawang merah, 25 gram bawang putih, 75 gram cabai merah, 3 buah kemiri, 25 gr lengkuas memarkan, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 batang serai, 1 buah asam kandis, ​750 ml​ ​santan.​
Tumis semua bumbu halus kemudian tambahkan daun salam, daun jeruk dan asam kandis. Penyet jengkol dan masukkan ke dalam wajan, tambahkan santan, kemudian masak hingga matang. Tambahkan gula dan juga garam secukupnya dan masak hingga kuahnya agak kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar