Jumat, 19 Juni 2015

Bahaya Minum Pakai Botol Plastik

Inilah beberapa bahaya kesehatan minum menggunakan botol plastik.
Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tapi, bagaimana ya jika minum air ternyata malah membahayakan tubuh?
Ini bisa saja terjadi jika kamu selalu menggunakan botol plastik saat minum. Terutama pada banyak situasi yang memungkinkanmu membeli air minum kemasan botol agar lebih simpel, Pada dasarnya, keselamatan botol plastik bervariasi tergantung jenis plastik yang digunakan. Produk berkualitas rendah berkemungkinan memiliki masalah kesehatan serius. Berikut ini beberapa bahaya kesehatan minum menggunakan botol plastik:

Penggunaan Berulang

Sebagian besar botol plastik yang ada di pasaran hanya untuk sekali pakai. Tapi seringnya, orang-orang memakai ulang botol bekas untuk menyimpan air. Bahan dasar plastik terbuat dari polyethylene terephthalate (PET atau disingkat PETE) yang murah dan ringan, dan menggunakannya kembali akan menyebabkan masalah kesehatan serius.

Komplikasi Kehamilan

BPA yang digunakan pada botol plastik terbukti menimbulkan komplikasi ibu hamil dan janin. BPA dapat meniru estrogen sehingga menyebabkan kelainan kromosom yang berakibat cacat lahir.

Pubertas Dini

Selain berpengaruh pada komplikasi kehamilan, paparan kimia dari peniruan estrogen akan berpengaruh juga pada pubertas dini. Ini sekaligus meningkatkan kemungkinan prostat juga kanker payudara pada penggunaan umum. Bahkan, beberapa studi juga menunjukkan bahwa kualitas botol yang rendah dapat memengaruhi kesuburan.

Infeksi

Risiko terinfeksi akan lebih tinggi saat kamu minum dari botol plastik. Jika air yang disajikan tidak melewati prosedur seharusnya, akan ada lebih banyak bakteri penyebab penyakit. Selain itu, desain botol juga berperan penting. Semakin sulit dibersihkan, akan semakin banyak bakteri bersarang.

Karsinogenik

Jika air yang tersaji dalam botol plastik terasa hangat, misalnya karena kamu membelinya di pedagang kaki lima yang barang jualannya terpapar matahari, kemungkinan besar itu mengandung senyawa karsinogenik. Senyawa berbahaya ini bisa muncul akibat reaksi antara air hangat dan plastik. Oleh karena itu, hindari menggunakan botol plastik untuk menyimpan air hangat, atau membiarkannya terpapar udara panas.
jika kamu memedulikan kesehatanmu, mulai sekarang cobalah mengonsumsi minuman kemasan dengan botol yang menggunakan kaca jika memungkinkan. Atau, bawa sendiri minumanmu dari rumah menggunakan tempat minum berkualitas. Karena bagaimana pun, kualitas botol akan menentukan kualitas air di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar