Jumat, 19 Juni 2015

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Perhatikan langkah yang tepat agar ibu dan janin tetap aman saat berpuasa. 
Masa kehamilan menuntut energi dan asupan nutrisi yang sangat banyak. Bukan hanya untuk ibu, tapi juga janin dalam kandungan. Makanya, ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Lantas, bagaimana caranya menjalankan puasa bagi bumil yang menginginkannya, tentunya tanpa mengangggu keadaan janin? Simak tips lengkapnya berikut ini :


Perhatikan kondisi kesehatan

Apa pun alasan ibu hamil menjalankan puasa, tetap harus memerhatikan kondisi kesehatan sebagai yang utama. Agar puasa lancar, konsultasikan dulu kondisi ibu dan janin dengan dokter kandungan sebelum menjalankan puasa. Jika ibu merasa memiliki fisik yang kuat, maka jalankanlah puasa dengan tidak memaksakan diri.

Lakukan persiapan ekstra

Pastikan ibu hamil yang ingin menjalankan puasa terhindar dari stres, mendapatkan istirahat cukup, dan mengontrol nutrisinya selama sahur dan berbuka dengan baik. Selain itu, perbanyak vitamin dan cairan agar bayi dalam kandungan tetap dalam keadaan sehat.

Pertimbangan waktu sahur

Sebaiknya makan sahur telah dilakukan sekitar satu jam sebelum imsak. Mulai dari mengonsumsi makan berat dulu, lalu perlahan mengisinya dengan buah dan nutrisi lainnya. Sebisa mungkin lengkapi segala kebutuhan nutrisi di waktu sahur. Ingat kan, ibu hamil perlu makan sedikit tapi sering.

Asupan makanan

Konsumsi protein yang cukup saat sahur dan berbuka dengan menghindari terlalu banyak lemak dan karbohidrat. Perbanyak juga konsumsi serat yang terdapat pada sayur dan buah-buahan saat sahur dan berbuka, juga sepanjang malam.

Penuhi asupan cairan

Jangan sampai ibu kekurangan cairan saat hamil. Pastikan kecukupannya, dan hindari konsumsi terlalu banyak gula untuk sahur dan berbuka. Selain itu, biasakan diri banyak mengonsumsi air hangat selama menjalankan puasa di masa kehamilan.

Hindari memaksakan diri

Jika tubuh terasa tidak enak atau ada masalah kesehatan yang terganggu, segera batalkan puasa dan atasi masalahnya dengan mengonsultasikan ke dokter. Jangan memaksakan diri menjalankan puasa jika tubuh tidak kuat. Ini untuk menjamin kesehatan ibu dan janin.
jalankan puasa di masa kehamilan dengan bijak. Jika ada kewajiban puasa yang terlewat, kamu masih bisa kok menggantinya di lain hari. Selamat berpuasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar